Bagaimana Perkembangan Kurva Pandemi Dunia Saat Ini?

Seperti yang dilansir EndCoronavirus.org sebuah kolaborasi beberapa peneliti dan pakar dari New England Complex Systems Insitute (NECSI), Harvard, UCLA, MIT dan beberapa lainnya.

Mereka membuat tiga kategori untuk negara yang saat ini tengah berupaya menanggulangi pandemi Covid-19 yaitu
1. Winning (Hijau)
2. Nearly there (Kuning)
3. Need Action
(Merah)
Lebih lengkap silahkan cek di sini https://www.endcoronavirus.org/countries

Saya pilih beberapa negara sebagai ulasan singkat khas rubrik ‘Sebuah Utas’
1. Indonesia dan Vietnam

Foto dari @iaridlo
Foto dari @iaridlo

Indonesia sampai saat ini menjalankan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dengan skala kabupaten/kota melewati birokrasi panjang sebelum ditetapkan. Kebijakan tidak dilakukan dengan merata dan konsekuen, sehingga kurva pandemi seperti ini. Itupun mau direlaksasi. Damn!

Vietnam. Sejak awal ditemukannya dua kasus pada tanggal 23 Januari yaitu Ayah dan Anak yg melakukan perjalanan dari Wuhan. Pemerintah langsung melakukan karantina wilayah di desa tsb. Respon cepat ban semua penerbangan dari/ke Wuhan.

2. Italia dan Amerika

Foto dari @iaridlo
Foto dari @iaridlo

Italia awalnya merespon ini dengan lambat dan banyak sekali korban karena anomali kebijakan. Kasus pertama direspon sangat lambat, kemudia pandemi menyebar dengan cepat ke seluruh negeri. Korban meninggal tertinggi, sampai para Dokter Cuba dan relawan membantu. Opsi yang diambil: LockDown Total.

Amerika, ah ini pelajaran dari pemimpin yang populis dan anti-sains. Sampai saat ini negera yang dianggap paling digdaya ini tumbang. Tidak tahu bagaimana mereka melandaikan kurva pandemi ini.

Ini tetangga kita juga beragam. Tantangannya memang berbeda tapi saat ini setiap negara butuh kepempinan kuat melawan pandemi ini.

Foto dari @iaridlo
Foto dari @iaridlo
Foto dari @iaridlo

Kamboja menarik diikuti. Untuk NZ sudah tidak diragukan lagi bagaimana @jacindaardern memimpin. Maaf mungkin bias saya mengidolakannya.

Foto dari @iaridlo
Foto dari @iaridlo
Foto dari @iaridlo

Lalu, How to win?
1. Berikan peran pada semua pihak untuk ikut menanggulanginya. Pemerintah, ormas agama, komunitas sainstis, perusahaan swasta dan semua lapiran masyarakat bergerak dari langkah terkecil yang bisa dilakukan. Sekalipun pada level individu dan keluarga.

2. Lockdown. Jika tidak bisa maka opsi karantina wilayah menjadi pilihan. Saya gak mau debat, tapi memisahkan kelompok yang satu untuk menanggulangi penyebaran itu mutlak. Kelompok dengan risiko tinggi dan rentan perlu dilakukan langkah ini. Opsi ini efektif setidaknya 5 minggu.

3. Pembatasan perjalanan penduduk. Ini akan menghentikan kasus baru meluas, membuat tracing lebih mudah dilakukan. Dan yang terpenting fasilitas kesehatan bisa melakukan langkah perbaikan sistem dengan sistemik.

4. Isolasi. Buat fasilitas isolasi (termasuk mandiri) untuk kasus yang ringan dan sedang sehingga meringankan kerja rumah sakit rujukan. Pastikan dukungan sosial untuk proses ini. Tetangga adalah saudara terpenting. Komunal adalah kunci.

5. Memakai masker di ruang terbuka. Masker dapat menurunkan penyebaran virus pada skala komunitas. Dan melindungi kelompok rentan.

6. Beragam fasilitas pendukung kehidupan dasar (toko bahan kebutuhan pokok, rumah sakit, dan pelayanan primer) harus menjalankan teknik yang ketat seperti wajib memakai masker, pembatasan fisik dan cuci tangan pakai sabun. Itu juga berlaku untuk karyawannya.

7. Testing, Testing dan Testing.

8. Fokus pada upaya pencegahan pada kelompok masyarakat yang masih sehat. Promosikan langkah pencegahan pada kelompok yang masih sehat. Buat mereka sadar jika upaya mereka diperlukan untuk membantu rekan mereka di fasilitas kesehatan rujukan. Tanpa itu, sistem akan kolaps.

Leave a Comment Here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.